Monday, July 9, 2018

MURAH | Molase Tetes Tebu | 0813-2666-1515


molase tetes tebu, 0813-2666-1515

Molase Tetes Tebu - Tebu adalah tanaman yang kaya manfaat. Selain digunakan sebagai bahan baku gula pasir dan penyedap rasa, tebu juga dapat menghasilkan molase. Yah benar molase, kebanyakan orang belum mengetahui apa itu molase. Molase atau yang sering disebut dengan tetes tebu adalah olahan tebu berbentuk cair yang dihasilkan dari pengolahan gula tebu. Walaupun molase ini berasal dari hasil tetes tebu, namun molase ini masih mempunyai kandungan-kandungan yang bermanfaat apabila digunakan.

Sebagian besar orang Indonesia belum mengerti apa manfaat dan kandungan molase. Namun, ada juga yang telah paham apa itu molase yang sebenarnya. Molase ini berupa zat cair yang berwarna coklat dan agak kental. Wujudnya nampak seperti kecap, rasanyapun manis. Namun molase tidak dianjurkan untuk dikonsumsi secara langsung.

Mengapa molase tidak dianjurkan untuk dikonsumsi manusia secara langsung? Begini jawabannya, molase adalah hasil pengolahan dari gula tebu. Yang artinya molase adalah sari olahan tebu. Namun molase ini masih mempunyai kandungan. Akan tetapi kandungan ini tidak baik apabila dikonsumsi oleh manusia secara langsung. Biasanya molase ini digunakan dimanfaatkan dalam bidang pertanian, peternakan dan perindustrian.

molase tetes tebu, 0813-2666-1515


Kandungan molase ada beberapa jenis. Salah satunya molase mengandung gula bit dan asam-asam organik. Gula bit ini yang dapat dimanfaatkan oleh para peternak. Dan asam-asam organik yang satu ini biasanya digunakan untuk pakan ternak. Molase dapat dimanfaatkan untuk 2 bidang. Yaitu bidang pertanian dan peternakan.
  • Dalam bidang pertanian, molase cukup berperan apabila digunakan. Kandungan yang terdapat dalam molase dapat dimanfaatkan para petani untuk menyuburkan tanah dan tanaman. Asam-asam organik yang terdapat dalam molase mengandung unsur-unsur yang dapat membuat tanaman tumbuh dan berkembang dengan subur. Caranya adalah, campurkan molase ini didalam pupuk organik yang biasa digunakan. Alhasil, tanah dan tumbuhan yang terkena pupuk tersebut akan tumbuh dan berkembang dengan baik.
  • Dibidang peternakan ataupun perikanan, molase juga dapat dimanfaatkan. Kandungan molase dapat membuat hewan ternak dan ikan menjadi kebal. Cara penggunaannya adalah campurkan molase kedalam bahan makananya. Molase ini menjadi antibiotik bagi hewan ternak dan ikan.
  • Bidang perindustrian juga banyak yang menggunakan molase sebagai bahan campuran hingga bahan baku  industry mereka. Molase digunakan untuk bahan baku pembuatan gasohol atau bahan bakar yang mesin dalam biasa, alkohol dan juga MSG (Monosadium Glutamate) atau yang sering kita gunakan didapur sebagai bahan penyedap rasa. Selain itu, molase dapat digunakan sebagai bahan pembentuk asam nitrat yang hasilnya digunakan untuk membuat bahan baku makanan dan obat-obatan. Tentunya dengan proses yang panjang yahh, tidak langsung digunakan.

Molase masih mengandung sukrosa dengan perbandingan 45-50%. Artinya molase ini masih mempunyai rasa yang manis. Namun tidak untuk dimakan secara langsung yahh..

Ada beberapa pertanyaan, setelah masyarakat mengetahui apa itu molase. Pertanyaan yang sering keluar adalah, cara membuat molase. Beginilah caranya, simak penjalasan berikut ini

Cara membuat molase :

  1. Pertama, tebu digiling sampai mengeluarkan nira mentah. Nira adalah cairan manis yang dihasilkan oleh tebu ataupun aren. Bentuknya kental seperti jus (diatasnya berbuih).
  2. Kedua, nira itu dimasukan ke proses pemurnian. Caranya adalah, mengendapkan nira kotor. Tunggu sampai nira menjadi bersih.
  3. Ketiga, nira yang sudah bersih dimasukan kedalam proses penguapan. Tujuannya adalah untuk meningkatkan konsentrasi nira tersebut sampai tingkat tertinggi atau tingkat jenuhnya.
  4. Keempat, apabila telah memasuki proses penguapan, nira yang kental akan dimasak. Dengan tujuan agar membentuk Kristal-kristal gula.
  5. Kelima, setelah menjadi Kristal gula, selanjutnya masuk proses pendinginan. Caranya masukan Kristal gula kedalam alat pemusing.
  6. Dan yang terakhir, adalah proses penyaringan. Tujuannya untuk menyaring antara gula mentah dan tetes tebu atau molase.
Demikian adalah cara-cara yang digunakan saat pembuatan molase. Bagi readers yang ingin membeli molase, atau ingin tau tentang produk molase, anda bisa hubungi 0852-3610-0030 via WA/Telp/SMS. Kami menyediakan molase dengan mutu terbaik dan tentunya dengan harga yang terjangkau. Harga molase yang kami tawarkan pas, pelanggan yang kami layani Puas..

Semoga bermanfaat...

Created By SoraTemplates | Distributed By MyBloggerThemes